Oleh: indodata2009 | September 7, 2012

BISNIS: Mari Mengelola Bisnis Online

BISNIS ONLINE? Efektifkah? Apakah bisa menghasilkan uang?Apakah bisa dipercaya? Apa saja yang laku dijual? Bagaimana cara mengelolanya? Apakah harus menggunakan blog/website berbayar? Sulitkah? Apakah harus memiliki NPWP? Dan masih banyak pertanyaan yang ada di benak bagi mereka yang ingin memulai bisnis online. Banyak yang ragu-ragu. Banyak yang tidak percaya. Banyak yang mencoba. Dan banyak yang gagal. Bagaimana supaya bisnis online Anda tidak gagal?

Sebelumnya, harus diketahui terlebih dulu kelebihan-kelebihan bisnis online

Antara lain:

-Tidak harus mempunyai gedung/kantor/toko/Bisa dikelola di rumah atau bahkan bisa ditinggal jalan-jalan
-Tidak harus mempunyai karyawan banyak. Bahkan tidak harus mempunyai karyawan
-Informasi akan dibaca banyak orang setiap hari 24 jam dan sepanjang waktu
-Modal relatif sangat kecil dan sangat menghemat pikiran,tenaga,waktu dan biaya
-Tidak harus memiliki barang/jasa. Bisa menawarkan milik orang lain
-Dll.

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi

Antara lain:

1.Mempunyai blog/website
2.Mempunyai telepon/handphone,alamat e-mail dan faks
3.Mempunyai barang/jasa yang berkualitas
4.Harga yang lebih murah dibandingkan harga di toko (walaupun ditambah ongkos kirim)
5.Aktif mempromosikan

ad.1.Mempunyai blog/website

Tentu ini syarat mutlak. Boleh blog/website berbayar ataupun gratisan. Yang penting harus menarik. Antara lain lengkapi dengan banyak foto/gambar terutama yang berhubungan dengan barang/jasa yang Anda tawarkan. Header atau gambar judul harus dibuat dengan sangat menarik. Bisa melihat contohnya di internet. Kalau tidak bisa membuat sendiri, download contoh tersebut kemudian Anda edit.Bisa Anda cari di Google dengan mengetik kata kunci “header templates” .”header” dan kata-kata kunci lainnya. Jangan lupa, blog/website Anda harus memiliki tag sebanyak mungkin agar orang tergiring untuk membuka blog/website Anda. Di samping itu blog/website harus memuat informasi yang sangat lengkap tentang barang/jasa yang Anda jual.

Contoh header:

Penulis sarankan Anda menggunakan blog WordPress di http://www.wordpress.com. Pilih contoh yang terbaik. Bisa gratis bisa berbayar. Kalau berbayar antara 13USD hingga 18USD atau sekitar Rp 130.000 hingga Rp 180.000 pertahun dan Anda akan memiliki domain “.com” (dot com). Untuk berbayar Anda harus memiliki master card atau credit card.

Di dalam blog/website, supaya dipercaya orang, sebaiknya Anda memasang foto profile Anda serta alamat rumah/kantor bahkan jika perlu denah lokasinya. Ini penting untuk memberikan kepercayaan dari pihak konsumen. Namun,jika Anda tidak ingin terganggu, tidak perlu mencantumkan alamat rumah/kantor.

Catatan:

-Untuk cara membuat blog,ketik “cara membuat blog” di Google
-Untuk membuat animasi gratis,buka http://www.picasion.com
-Untuk membuat formulir gratis,buka http://www.creator.zoho.com
-Untuk membuat buku tamu gratis, buka http://www. http://guestbook.sparklit.com/
-Untuk membuat huruf indah gratis,buka http://www.cooltext.com
-Untuk membuat widget gratis,buka http://www.krtutorplus.com/2012/05/cara-pasang-widget-pada-wordpress.html
-Untuk membuat teks berjalan,buka http://www.krtutorplus.com/2007/04/membuat-marquee.html

Jika pengunjung blog/website Anda kurang dari 1.000 pengunjung per bulan, berarti blog/website Anda belum efektif.

Supaya banyak pengunjung, buatlah tag (kata kunci) sebanyak-banyaknya (minimal 100 tag).

ad.2.Mempunyai telepon/handphone,alamat e-mail dan faks

Idealnya, Anda harus memiliki telepon/handphone,alamat e-mail dan faks. Dengan demikian konsumen bisa menghubungi Anda untuk menanyakan berbagai hal. Namun, kalau Anda tidak ingin terganggu, cukup mencantumkan alamat e-mail saja.

ad.3.Mempunyai produk/jasa yang berkualitas

Barang/jasa bisa milik Anda bisa juga milik orang lain.Barang/jasa yang Anda tawarkan haruslah yang benar-benar dibutuhkan banyak orang. Misalnya: tas wanita,pakaian wanita,handphone,laptop,komputer tablet,jasa travel dan masih sangat banyak barang/jasa yang benar-benar dibutuhkan banyak orang. Tidak masalah kalau Anda akan menjual barang-barang bekas milik Anda ataupun milik orang lain. Semakin banyak barang/jasa yang Anda tawarkan, tentu semakin menarik. Untk itu Anda bisa kerjasama dengan produsen ,pemilik toko,pemilik bengkel motor dan mobil, pemilik tanah atau rumah, pemilik mobil dan pemilik usaha lainnya. Anda juga bisa menjualkan barang/jasa milik orang-orang yang ada di kota Anda.

4.Harga yang lebih murah dibandingkan harga di toko (walaupun ditambah ongkos kirim)

Jika Anda menjual barang/jasa lebih mahal daripada harga pasaran, maka bisa dipastikan bisnis online Anda akan gagal. Oleh karena itu Anda harus punya harga yang lebih murah walaupun sudah ditambah ongkos kirim atau biaya-biaya lainnya. Barang demikian biasanya merupakan barang buatan sendiri, barang kulakan, barang bekas atau barang-barang yang memang dijual murah karena pemiliknya akan pindah rumah atau akan pindah ke luar negeri.

Sebaiknya Anda jangan menjual barang/jasa yang murah. Cobalah jual tanah,rumah,mobil,walaupun itu bukan milik Anda. Toh Anda bisa meminta komisi. Sekali laku, uang Anda cukup besar, walaupun mungkin tidak tiap hari. Termasuk juga iklan kos, sewa rumah ataupun kontrak rumah. Bisa juga Anda menawakan furnitur yang bagus.

5.Aktif memromosikan

Yang sering dilupakan pebisnis online yaitu, mempromosikan blog/websitenya. Tetap harus dipromosikan. Antara lain melalui iklan baris, kartu nama, brosur atau lewat media sosial Twitter atau Facebook. Salah satu kesalahan pebisnis online yaitu tidak mau mempromosikan blog/websitenya. Jadi, yang ditonjolkan adalah iklan singkat dan alamat blog/websitenya.

Cara lain

Jika Anda tak mau repot-repot membuat blog/website dan lain-lain, Anda bisa memanfaatkan toko-toko online yang sudah ada.

Antara lain:

http://www.tokobagus.com

http://www.berniaga.com

Dan masih banyak lagi. Cuma, karena toko online itu gratis, maka Anda hanya diberi kesempatan mengiklankan secara gratis barang/jasa Anda terbatas hanya sekitar 30 hari saja. Sesudah itu akan dihapus oleh pengelola toko online.

Tak ada salahnya Anda mencoba,bukan?

Sumber foto/gambar: clickssociety.com

Hariyanto Imadha

Pecinta komputer dan internet


Kategori