Oleh: indodata2009 | Februari 3, 2013

INTERNET: Tidak Ada Gunanya Memblokir atau Meremove Akun FB Teman Anda

Image

SAYA, punya pengalaman 17 tahun mengelola Lembaga Pendidikan Komputer INDODATA di Komplek Perumahan Pondok Hijau Permai, Bekasi Timur dan di Jl. Ade Irma Suryani Nasution No.5, Bojonegoro, Jawa Timur. Saya cuma tersenyum kalau ada teman Facebook saya yang memblokir akun FB saya. Mereka mungkin mengira saya tidak bisa melihat akun FB-nya, tidak bisa melihat posting, dinding, daftar teman, koleksi foto,koleksi videonya dan lain-lainnya. Bagi saya itu menggelikan. Tapi saya memakluminya, mereka tidak punya pengalaman di bidang komputer dan internet yang memadai.

Nah, kalau akun FB Anda diblokir atau diremove, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa memantau semua aktivitas teman FB Anda. Bahkan jika mau, masih bisa memberikan komentar. Tidak perlu menggunakan software apapun juga.

Apa tanda-tanda akun FB Anda diblokir?

Antara lain:

-Anda tidak pernah lagi menerima kiriman posting-postingnya

-Status-statusnya tidak pernah muncul lagi di Beranda Anda

-Ketika nama teman Anda , Anda cari melalui fasilitas Search, akan muncul komentar ” Tak ditemukan hasil untuk pencarian Anda.” atau semacam itu.

-Anda tidak bisa melihat akun FB-nya

Apa tanda-tanda akun FB Anda diremove?

Antara lain:

-Anda tidak pernah lagi menerima kiriman posting-postingnya

– Status-statusnya tidak pernah muncul lagi di Beranda Anda

-Ketika nama teman Anda , Anda cari melalui fasilitas Search, Anda masih bisa menemukannya dan ada tombol “Tambahkan Sebagai Teman”

-Anda masih bisa melihat dinding, koleksi foto dan video,daftar teman dan lain-lain.

Bagaimana solusi menghadapi remove?

-Buka akun FB Anda

-Cari nama teman Anda melalui fasilitas Search

-Klik tab “Tambah Sebagai Teman” jika Anda masih ingin berteman. Namun, belum tentu akan ditanggapi teman Anda.

-Klik tab Pesan dan sampaikan pesan Anda. Namun, belum tentu akan ditanggapi teman Anda. Namun yang pasti pesan Anda pasti akan dibacanya.

-Jika Anda ingin mengomentari postingnya terutama yang di dinding:

Klik tab Bagikan, kemudian tulis pesan atau komentar Anda.

-Jika Anda ingin pesan Anda dibaca semua teman-temannya:

Klik tab Teman (Tengah-Atas)—Jika ada tab Teman,klik foto profil dekat tab Teman tersebut dan Anda bisa numpang komentar di status Teman tersebut. Teman tersebut merupakan Teman Anda juga. Jika tidak ada tab Teman, klik tab beberapa (sekitar 5 tab Teman) tab Teman. Jika sudah menjadi Teman, maka Anda bisa numpang komentar di status Teman Anda tersebut.

-Anda juga bisa melihat koleksi foto dan video dan lain-lainnya.

Bagaimana solusi menghadapi blokir?

Karena Anda tidak bisa mencari nama teman Anda di komputer Anda, maka Anda tetap bisa mencarinya di komputer lainnya (misalnya di warnet) namun Anda tidak bisa berbuat apa-apa kecuali menambahkan sebagai teman lagi. Itupun belum tentu ditanggapi

Maka langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

-Membuat alamat e-mail baru dan membuat akun FB baru dengan nama Username yang lain. Buat foto profil yang lain (jangan menggunakan foto Anda). Di biodata tulis data sembarangan, tetapi kalau bisa tulis nama kota domisili atau kota asal sama dengan kota domisili dan kota asal teman yang memblokir akun FB Anda (supaya program FB yang akan memperkenalkan Anda dengan teman Anda tersebut secara otomatis).

-Cari teman dulu yang banyak. Sekitar 25 teman.

-Cari nama teman Anda dan klik tab Tambah Sebagai Teman

-Jika sudah dikonfirmasi, maka Anda akan menjadi teman Anda tanpa teman Anda tahu bahwa Andalah yang pernah diblokirnya.

-Kalau tujuan Anda hanya ingin membaca posting-postingnya, sebaiknya Anda tidak usah memberikan komentar atau tanggapan, karena kalau teman Anda tahu siapa Anda, maka Anda bisa diblokir lagi.

Catatan:

Jangan sembarangan memblokir/meremove akun FB teman Anda, sebab jika dia ternyata seorang hacker/cracker, bisa jadi akun FB Anda akan di delete, diganti password atau bahkan diremove/diblokir selama-lamanya sehingga  Anda tidak bisa lagi membuka akun FB kesayangan Anda.

Kesimpulan

Sebenarnya, kegiatan blokir dan remove hanya efektif untuk korban yang tidak memahami trik-trik di atas. Namun bagi yang tahu trik-trik di atas, kegiatan blokir atau remove merupakan hal yang sia-sia saja.

Hariyanto Imadha

Mantan Pemilik & Pengelola

Lembaga Pendidikan Komputer

INDODATA

1992 s/d 2009 (17 Tahun)


Kategori

%d blogger menyukai ini: